Rabu, 26 Januari 2011

Tips Menggunakan Waktu bagi Manajer

Dalam dunia yang penuh kesibukan, musuh seorang manajer adalah pemborosan waktunya sendiri. Sering seorang manajer kehilangan kendali pada waktunya. Waktu dan hari terasa berlalu demikian cepat. Banyak pekerjaan yang tidak kunjung selesai. Inilah beberapa poin penting bagi seorang manajer untuk mengefektifkan penggunaan waktunya:

* Buat daftar pekerjaan hari ini, Hasilnya apa, bukan kegiatannya. Misalnya \"Menyelesaikan draf kontrak dengan PT.A.\" bukan \"Membuat draft kontrak \" yang belum tahu selesainya dan hasilnya kapan. Kalau bisa daftar pekerjaan besok disusun hari ni sebelum pulang.
* Sentuh suatu pekerjaan sekali saja seminimal mungkin. Menulis sesuatu usahakan selesai. Terima email baca sekali langsung disimpan, direspon, dimasukkan daftar penting, atau dihapus. Yang tidak perlu dihapus.
* Sisihkan waktu cukup beberapa jam untuk pekerjaan-pekerjaan serius. Ada pekerjaan yang lebih baik demikian daripada sambil kerja lain dan tidak kunjung selesai.
* Rapat - Susun agenda, pilih yang datang selektif supaya diskusi tidak kemana-mana, pilih tempat dan waktu yang baik, misalnya rapat jam 11 sebelum makan ataui sebelum jam pulang biasanya lebih cepat selesai daripada yang dijadwalkan jam 8 pagi. Hasilnya juga sering sama.
* Bagi yang beruntung punya, asisten atau sekretaris bisa diminta membantu penyusunan jadwal harian sekaligus mengingatkan. Diingatkan sering lebih baik daripada dibiarkan dengan kegiatan sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar